Peningkatan Iklim Penanaman Modal dan Pelayanan Publik untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat

PENINGKATAN IKLIM PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN PUBLIK UNTUK PERCEPATAN PERTUMBUHAN EKONOMI DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT


Selasa, 27 Februari 2024 - 09:05:06


Senin, 26 Februari 2024. Bertempat di Kampung Literasi dan Sadar Tertib Arsip (Kalista) Kota Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya Drs. H. Ivan Dicksan Hasannudin M.Si membuka acara Musyawaran Perencanaan Pembangunan Sektoral Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Tahun Anggaran 2025. Turut hadir, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya, Perwakilan OPD di Wilayah Kota Tasikmalaya, Perwakilan dari Lembaga Pendidikan, Pengurus Kalista dan Stake Holder lainnya.

Dalam sambutannya, Ivan Dicksan Hasannudin menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Musrenbang ini adalah untuk mensinergikan berbagai aspirasi masyarkat serta merumuskan program prioritas yang akan dituangkan dalam Rancangan Rencana Kerja Perangkat Daerah dan Rencana Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2025 yang akan datang.

Berbicara tentang Literasi, maka rendahnya Literasi merupakan masalah mendasar yang memiliki dampak sangat luas bagi pencapaian tujuan Negara, yaitu memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan Bangsa. Literasi rendah berkontribusi terhadap rendahnya produktivitas Bangsa, ini berujung pada rendahnya pertumbuhan dan pada akhirnya akan berdampak terhadap rendahnya tingkat kesejahteraan yang ditandai oleh rendahnya pendapatan per kapita.

“ Kunci dalam meningkatkan produktivitas Bangsa dan menurunkan angka kemiskinan serta menurunkan tingkat kesenjangan terletak pada keberhasilan kita dalam mengatasi masalah literasi, karena literasi adalah kunci untuk berdaya saing “ ucapnya.

Lebih lanjut Ivan Dicksan menjelaskan pentingnya pengelolaan arsip dengan baik dan benar sesuai dengan Kaidah Kearsipan, sehingga akan menghadirkan manfaat yang besar bagi kehidupan masyarakat dan organisasi baik Pemerintahan maun non Pemerintahan. Ketersediaan arsip secara utuh, otentik dan terpercaya akan memberikan dukungan nyata bagi pelaksanaan Reformasi Birokrasi utamanya untuk kemanfaatan penilaian kinerja, pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lainnya.

“Saat ini, sebagai bagian dari reformasi kearsipan, maka arsip harus dikelola secara digital (E-Arsip) sehingga dapat menghadirkan data arsip yang terintegrasi, dinamis, terlindungi dan cepat ditemukan dalam waktu singkat” ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah juga berkesempatan meninjau beberapa titik pojok baca dan menyerahkan bantuan buku untuk dimanfaatkan di Pojok Baca Kalista.