6 Tips Sulap Ruang Kosong Jadi Perpustkaan

6 TIPS SULAP RUANG KOSONG JADI PERPUSTKAAN


Kamis, 28 Desember 2023 - 13:25:11

Kamu ingin punya ruangan kosong dan tak terpakai di rumah? Kamu bisa menyulapnya menjadi perpustakaan mini. Untuk kamu yang punya koleksi buku dan senang membaca, punya perpustakaan sekaligus ruang baca merupakan sebuah dambaan.
Tak perlu banyak biaya dan usaha untuk mewujudkannya, cukup ikuti tips berikut untuk menyulap ruang kosong jadi perpustakaan mini. Penasaran bagaimana caranya? Yuk! Mari simak.

Tips Membuat Perpustakaan Mini di Rumah
Melansir dari Modifico, Sabtu (16/12/2023), berikut tips menyulap ruangan kosong jadi perpustakaan mini di rumah.

1. Menentukan Letak atau Posisi
Kamu dapat menentukan letak atau posisi dalam ruangan. Hal ini bertujuan untuk mengatur furnitur seperti, rak buku, kursi atau sofa, meja kecil, dan semacamnya. Namun jika kamu tak punya ruang kosong, kamu bisa membuat sebuah perpustakaan mini dengan salah satu sisi dinding di ruangan kamu tersebut. Kok bisa?

Tentu saja bisa, salah satu dinding di rumah akan sangat membantu. Misalnya dinding di ruang tamu, dapur, atau ruang keluarga. kamu bisa menggantungkan rak buku di sana. Jika koleksi buku cukup banyak, pakailah rak buku yang besar. Kemudian kamu bisa meletakkan beberapa buku yang biasa kamu baca di sana.

2. Sediakan Tempat Duduk yang Nyaman
Perpustakaan mini akan semakin sempurna dengan tempat duduk terbaik. Pilihlah tempat duduk terbaik sesuai dengan kondisi perpustakaan mini untuk anak kamu. Jika perpustakaan mini yang kamu inginkan adalah sebuah ruangan tersendiri, maka kamu bisa menata banyak furniture di sini. Misalnya sebuah sofa, sebuah meja kopi kecil, dan kursi duduk yang nyaman.

Namun akan sedikit berbeda jika perpustakaan mini tersebut berada di rak dinding salah satu ruangan. Jika demikian, maka kamu bisa gunakan furniture terdekat yang ada di ruangan tersebut.

3. Menentukan Jenis dan Letak Rak Buku
Untuk menyimpan semua koleksi buku kamu, pastinya kamu membutuhkan rak buku. Jika kamu ingin tampilan minimalis tanpa rak buku besar, kamu bisa menggunakan beberapa rak buku gantung. Lalu lakukan instalasi di bagian yang cukup tinggi. Gunakan rak-rak buku gantung ini untuk menutup semua bagian dinding.

4. Tata Buku Sesuai Kategori Tertentu
Memiliki perpustakaan mini di rumah memang menyenangkan. Apalagi jika kamu memiliki banyak koleksi buku. Kadang saking banyaknya, bisa jadi anda lupa meletakkan buku. Sehingga buku jadi berserakan dan jadi sulit menemukannya. Lalu bagaimana solusinya?

Kamu bisa menata buku dengan kategori tertentu di perpustakaan yang ada di rumah. Misalnya buku dari pengarang yang sama, atau menata buku berdasarkan urutan abjad judul maupun sesuai penulisnya.

Selain itu kamu juga bisa menata buku berdasarkan warna sampul buku. Bisa juga menata buku berdasarkan ketebalan dan ukuran buku. Pengkategorian tersebut memudahkan kamu menemukan buku.

5. Tingkatkan Pencahayaan
Untuk membaca buku, diperlukan pencahayaan yang cukup agar mata tidak cepat lelah. Jika pencahayaan di perpustakaan tersebut tidak baik, maka resikonya ada di kesehatan mata kamu. Lalu, apa yang harus dilakukan?

Kamu bisa meningkatkan kualitas pencahayaan di perpustakaan mini tersebut. Untuk menimbulkan kesan luas dan terang, kamu bisa menggunakan warna-warna netral. Misalnya putih, abu-abu, muda atau warna-warna pastel. Tambahkan pencahayaan dengan lampu baca, lampu gantung, atau memiliki jendela dan ventilasi yang baik.

6. Sempurnakan dengan Furniture-Furniture Terbaik
Kamu bisa melengkapi perpustakaan mini kamu dengan tambahan furniture misalnya saja seperti sofa, meja kecil, lampu gantung, jam dinding, dan karpet. Tidak harus semuanya, sedikit saja cukup asalkan fungsinya bisa dimaksimalkan.

Sebagai contoh, kamu ingin memiliki sofa yang ada di dalam perpustakaan rumah. Maka ukurlah sofa dan sesuaikan dengan ukuran ruangan. Lalu, letakkan sofa di depan rak buku.

Demikian 6 tips sulap ruang kosong jadi perpustakaan mini. Semoga bermanfaat!

Sumber : detik.com